ASSESMENT KINERJA
SMAN 3 KARANG BALA
SMAN 3 KARANG BALA
Kelas : 1 (Satu)
Semester : 1 (Satu)
Semester : 1 (Satu)
Kompetensi IPA : Pengetahuan
Lingkungan
Topik : Pencemaran Lingkungan
Kompetensi dasar : Membuat kliping tentang pencemaran lingkungan.
Hasil Belajar
Indikator
|
:
:
|
Siswa memahami bahaya
pencemaran lingkungan melalui sebuah kliping yang dibuat, dan melakukan
tindakan nyata (pencegahan) di kehidupan.
·
Membuat
kliping tentang pencemaran lingkungan yang diambil dari beberapa artikel.
·
Memberikan
komentar tentang artikel-artikel yang ditempel di kliping.
·
Memahami
tentang pencemaran lingkungan hingga mampu melakukan tindakan pencegahan
dalam kehidupan.
|
Model pembelajaran : Cooperative learning tipe STAD
Penskoran : Rubrik
Soal
1. Mencari literatur (koran, majalah, internet) yang
update tentang pencemaran lingkungan.
2. Mencari artikel yang memuat tentang pencemaran
lingkungan, minimal enam artikel.
3. Artikel-artikel tersebut dipotong, ditempel pada
kertas karton
4. Artikel yang disertai gambar akan lebih bagus
terhadap penilaian.
5. Analisis dan komentari setiap artikel yang
dipilih.
6. Dicantumkan sumber pustakanya.
7. Buatlah 2 kliping, dibuat semenarik mungkin ,
sehingga dapat menarik minat yang membaca.
Penskoran
Menggunakan rubrik untuk setiap respon yang diberikan siswa pada
setiap langkah pekerjaannya.
Kategori
|
Kriteria
|
4
|
·
Penjelasan lengkap, jelas, dan
koheren (logis)
·
Menunjukkan pemahaman terhadap
konsep lingkungan dan pencemaran lingkungan
·
Memenuhi semua syarat mendasar
dari masalah
|
3
|
·
Penjelasan cukup lengkap tapi
kurang rinci penjelasannya
·
Menunjukkan pemahaman yang cukup
tinggi terhadap konsep lingkungan dan pencemaran
lingkungan
·
Memenuhi semua syarat mendasar
dari masalah
|
2
|
·
Memberi jawaban tapi penjelasan
kurang kurang jelas
·
Menunjukkan pemahaman yang cukup
terhadap konsep lingkungan dan pencemaran
lingkungan
·
Memenuhi hampir syarat mendasar dari masalah
|
1
|
·
Jawaban tidak lengkap, tidak
cukup, atau tidak dapat dipahami
·
Menunjukkan sedikit pemahaman
tentang konsep lingkungan dan sampah
·
Tidak memenuhi syarat mendasar
dari masalah
|
0
|
·
Jawaban tidak relevan
·
Tidak ada
usaha untuk menjelaskan terhadap artikel yang dimuat
·
Tidak
memenuhi syarat masalah
|
Lembar Penskoran
Pemberian Skor Kliping Pencemaran
Lingkungan
Nama Siswa :
...........................................
Kelas :
...........................................
Tanggal koleksi :
...........................................
Petunjuk: Tuliskan
skors di tempat yang disediakan untuk menilai kemampuan siswa dalam membuat kliping
pencemaran lingkungan.
No
|
Aspek Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
|
Kliping 1
|
Kliping 2
|
||
1
|
Artikel
berasal dari literatur (koran, majalah, internet) terbitan terbaru (1 bulan
terakhir)
|
||
2
|
Artikel
berkaitan dengan tema pencemaran lingkungan
|
||
3
|
Jumlah artikel
sekurang-kurangnya 6 buah
|
||
4
|
Setiap
artikel di analisis dan diberi komentar
|
||
5
|
Komentar
bersesuaian dengan isis artikel
|
||
6
|
Komentar
menggunakan konsep lingkungan yang relevan
|
||
7
|
Komentar
dinyatakan secara kritis dan logis
|
||
8
|
Mencantumkan
sumber pustaka
|
||
9
|
Artikel
dilengkapi gambar atau foto
|
||
10
|
Artikel
ditempel rapi dengan penempatan yang proposional
|
||
Skor Total
|
|||
Skor Rata-rata
|
0 komentar:
Posting Komentar