Persamaan Amphibi, Reptilia Dan Mamalia

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Persamaan Amphibi, Reptil dan Mamalia terletak pada:

1. Dapat dibedakan kepala, ekor dan badan
Amphibi, reptile dan mamalia memiliki endoskeleton yang terdiri dari 3 bagian yang terdiri dari tulang kepala, tulang badan {yang terdiri dari tulang rusuk dan tulang punggung (vertebra)} dan tulang ekor.

2. Alat gerak berupa tetrapoda

a. Amphibi
Alat gerak berupa dua pasang kaki dan pada setiap kakinya terdapat selaput renang yang terdapat di antara jari-jari kakinya dan kakinya berfungsi untuk melompat dan berenang.
b. Reptilia
Setengah reptilia mempunyai empat kaki dan setengah tidak mempunyai  kaki. Contoh reptil yang tidak berkaki yaitu ular karena tereduksi atau ular dikatakan hewan tetrapoda karena keturunan
c. Mamalia
Alat gerak berupa dua pasang kaki dan pada setiap kakinya berfungsi untuk berjalan, dan meloncat. Pada  paus empat kakinya disebut sepasang sirip dan ekor.


3. Memiliki  paru-paru sebagai organ pernafasan

a. Amphibi
organ pernapasan pada saat masih kecebong berupa insang, setelah dewasa alat pernapasannya berupa paru-paru dan kulit dan hidung amfibi mempunyai katup yang mencegah air masuk ke dalam rongga mulut ketika menyelam.
b. Reptile
Organ pernapasan pada reptile berupa paru-paru yang terletak di dalam rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk.
c. Mamalia
Organ pernapasan berupa paru-paru.

4. Habitat di air dan darat

a. Amphibi
Habitat di air dan darat contohnya yaitu: katak, salamander.
b. Reptile
Habitat reptile yaitu  air dan darat.  Contoh reptile yang hidup di air : penyu dan reptile, contoh  yang hidup di darat : kura-kura, buaya, kadal.
c. Mamalia
Habitat mamalia sebagian besar di darat misalnya: tikus, kucing, harimau, gajah, sapi kambing.  Namun ada pula mamalia yang hidup di air yaitu paus.

5. System peredaran darahnya yaitu tertutup dan ganda

a. Amphibi
Katak Mempunyai sistem peredaran darah ganda, jantung katak terdiri atas tiga ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, dan bilik.Karena jantung katak hanya mempunyai satu bilik maka darah yang banyak mengandung oksigen dan karbon dioksida masih bercampur dalam bilik jantung.
b. Reptile
Reptile punya sistem peredaran darah ganda, jantungnya terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Sekat antara bilik kanan dan kiri pada reptil tidak sama sekali sempurna Jantung reptil memiliki dua buah aorta, aorta kanan dan aorta kiri. Aorta kanan keluar dari bilik kiri dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Aorta kiri keluar dari perbatasan bilik kiri dan bilik kanan mengalirkan darah ke bagian belakang tubuh.
c. Mamalia
Peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga dapat disebut peredaran darah ganda. Yang terdiri dari

1. Peredaran darah panjang atau sistematikAdalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.

Jantung, seluruh tubuh, jantung, bilik kiri, aorta, seluruh tubuh, vena, serambi kanan.

2. Peredaran darah pendek atau pulmonaAdalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari janrung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang akan kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena.

Jantung, paru-paru, jantung, bilik kanan, arteri pulmonalis, paru-paru, vena, pulmonalis, serambi kiri.

6. Alat genitalia jantan berupa testis dan betina berupa ovarium

a. Amphibi
Pada amphibi jantan, testis berjumlah sepasang, berwarna putih kekuningan yang digantungkan oleh mesorsium. Sebelah kaudal dijumpai korpus adiposum, terletak di bagian posterior rongga abdomen.

Pada betina, ovarium berjumlah sepasang, pada sebelah kranialnya dijumpai jaringan lemak berwarna kuning (korpus adiposum). Baik ovarium maupum korpus adiposum berasal dari plica gametalis, masing-masing gonalis, dan pars progonalis. Ovarium digantungkan oleh mesovarium.

b. Reptil
Testis berbentuk oval, relatif kecil, berwarna keputih-putihan, berjumlah sepasang, dan terletak di dorsal rongga abdomen. Pada kadal dan ular, salah satu testis terletak lebih ke depan dari pada yang lain. Testis akan membesar saat musim kawin.

Ovarium berjumlah sepasang, berbentuk oval dengan bagian permukaannya benjol-benjol. Letaknya tepat di bagian ventral kolumna vertebralis.

c. Mamalia
Testis berjumlah sepasang, bentuknya bulat telur dan terletak di dalam skrotum, dibungkus dengan jaringan ikat fibrosa, tunika albugenia. Ukuran testis tergantung pada hewannya. Jika testis tidak turun ke skrotum disebut Cryptorchydism yang menyebabkan sterilitas. Lintasan antara rongga abdomen dan rongga skrotum disebut saluran inguinal.

Ovarium berjumlah sepasang, merupakan organ yang kompak, dan terletak di dalam rongga pelvis.

0 komentar:

Posting Komentar